March 27, 2023

Buku Berjenjang

Buku-buku di aplikasi membaca Bookbot adalah buku-buku yang disusun berdasarkan Pedoman Perjenjangan Buku dari Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2022. Setiap buku memiliki fokus kata yang disusun berdasarkan tahap-tahap huruf dari Saya Suka Membaca (Yayasan Tunas Aksara), dan  disesuaikan dengan pedoman perjenjangan dari Asosiasi Disleksia Indonesia (ADI). 

Berdasarkan klasifikasi pembaca berjenjang dari Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2022 dan usia pembaca sasaran aplikasi membaca Bookbot, perjenjangan buku di aplikasi Bookbot dikelompokkan ke dalam Pembaca dini (Jenjang A), Pembaca awal (Jenjang B1, B2, B3), dan Pembaca Semenjana (Jenjang C). 

Tingkatan A dan B1 dari cakupan dan susunan Bookbot Indonesia.
Tingkatan A dan B1 dari cakupan dan susunan Bookbot Indonesia

Tingkatan B2 dari cakupan dan susunan Bookbot Indonesia
Tingkatan B2 dari cakupan dan susunan Bookbot Indonesia

Berdasarkan Pedoman Penahapan buku dari Saya Suka Membaca, setiap jenjang memiliki fokus kata berbeda-beda. Fokus kata tersebut meliputi kata yang diakhiri huruf atau gabungan huruf tertentu. Misalnya buku-buku pada Jenjang A memiliki struktur kata sederhana yang diakhiri huruf a, i, u, o, e dan kalimat yang pendek. Kemudian buku-buku pada jenjang B1 dan jenjang selanjutnya memiliki beberapa kata yang diakhiri satu huruf atau gabungan huruf tertentu dan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi berdasarkan struktur, kata dan panjang cerita.

Tingkatan B3 dari cakupan dan susunan Bookbot Indonesia.
Tingkatan B3 dari cakupan dan susunan Bookbot Indonesia

Tingkatan C dari cakupan dan susunan Bookbot Indonesia.
Tingkatan C dari cakupan dan susunan Bookbot Indonesia

Pada saat pembaca sasaran membuat akun baru di aplikasi Bookbot, pembaca akan diminta memilih jenjang membaca terlebih dahulu. Untuk menentukan jenjang membaca, guru atau orangtua dapat melihat contoh teks yang berada di sebelah kiri pilihan penjenjangan dan memilih jenjang yang sesuai untuk pembaca sasaran.

Unduh Bookbot sekarang untuk
SEGERA MEMULAI