March 28, 2023

Anak-anak yang Enggan Membaca

Banyak sekali alasan untuk tidak membaca, sebanyak jumlah anak-anak di dunia.

Namun alasan yang paling sering disebutkan adalah:


  • Membaca itu sulit bagi sang anak
  • Duduk diam sambil membaca adalah tantangan berat bagi seorang anak
  • Ceritanya kurang menarik
  • Lebih memilih main di luar (olahraga)
  • Lebih senang bermain dengan gadget atau nonton dan mendengarkan musik
  • Anak tidak pernah diajarkan untuk sering membaca di rumah
  • Keluarga tidak mampu membeli buku
  • Anak tidak melihat membaca itu penting


Poin terakhir itu akan berjalan dengan waktu, tapi ketika memang pada saat nya mereka sadar, teman-teman nya sudah jauh berada di depan.


Jadi apa penting nya?


Ketika anak menunjukan sedikit ketertarikan untuk membaca (apapun alasannya), orang tua atau para pendidik bisa putus asa, dan memang seharusnya. Karena anak yang senang membaca akan lebih lancar dibandingkan dengan mereka yang enggan membaca.


Jadi, menurut saya sebagai guru, kita perlu membalikan pernyataannya. Anak yang pada dasarnya tidak membaca karena kesenangannya, bisa mendapatkan kesenangan dalam membaca.


Maksudnya, kita perlu terus memberikan dorongan pada anak yang enggan membaca dengan cara menarik mereka dengan subjek/topik yang memang menjadi kesenangan mereka.

Tangkapan layar dari sebagian kecil buku-buku menarik di Bookbot
Tangkapan layar dari sebagian kecil buku-buku menarik di Bookbot

Saya sering melihat, anak yang tidak suka membaca. Namun, sering melihat dan membawa buku-buku tentang sepeda, atau permainan yang mereka sukai. Disitulah saat nya anak tersebut mulai mencoba membaca tanpa dia sadari.


Banyak dari kita, orang dewasa, yang selalu menggambarkan anak membaca di pojokan sampai berjam-jam. Memang itu pemandangan yang menyenangkan, tapi jangan lupa hal-hal yang insidentil dan menarik dalam buku yang anak tersebut sedang baca. Jika anak tidak mempunyai ketertarikan untuk membaca, maka cobalah untuk memberikan buku-buku yang sesuai dengan ketertarikan mereka.


Maka dari itu, sangatlah penting untuk mempunyai buku-buku non-fiksi dan buku-buku tentang minat pada tiap level - tidak hanya fiksi dan cerita saja.

Tangkapan layar dari buku non-fiksi Bookbot, Sarang Istimewah
Tangkapan layar dari buku non-fiksi Bookbot, Sarang Istimewa

Bookbot di rancang untuk menarik mereka yang segan membaca. Selain menyenangkan dan gambar yang menarik, Bookbot juga mengembangkan buku-buku non-fiksi yang disetarakan untuk merambah mereka yang minatnya berbeda-beda.


Aplikasi Bookbot juga menggunakan teknologi yang canggih dan di buat interaktif dan menarik untuk anak-anak dimasa kini. Cara belajar membaca yang dibuat seperti game akan menambah motivasi and waktu berlatih membaca anak-anak.

Pada akhirnya, apabila anak-anak yang enggan membaca dapat di tarik untuk membaca lebih banyak dengan subjek yang sesuai dan teknologi yang interaktif, tentunya mereka akan merasakan keuntungannya. Sering berlatih membaca akan membuahkan kemajuan dalam ketrampilan mereka.

Unduh Bookbot sekarang untuk
SEGERA MEMULAI